Wisata Coban Jahe - Jabung




Air terjun Jahe atau biasa di kenal dengan “Coban Jahe” ini terletak di dusun Begawan memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan di kelilingi batu-batu berukuran raksasa di dindingnya, air terjun ini di kelola oleh Perhutani dan juga termasuk dalam kawasan Perhutani RPH Sukopuro-Jabung
Kawasan wisata alam ini mulai berkembang sejak di kelola oleh perhutani, awalnya coban ini hanya sebuah air terjun yang tidak terawat dan cenderung terkesan angker. Nama Jahe sendiri, sebenarnya diambil dari Bahasa Jawa ‘Pejahe’ yang berarti meninggal dunia. Nama itu muncul, setelah sekitar satu regu tentara (TNI, sekarang) di bawah komando Ali Murtopo melakukan perlawanan terhadap pemerintah Belanda.
Seiring bergantinya waktu, nama ‘Pejahe’ pun lama-kelamaan berganti Jahe. Begitu juga nama makam, mereka yang dikebumikan pun dibuatkan tempat peristirahatan terakhir bernama Makam Pahlawan Kali Jahe. Keberadaan Makam Pahlawan Kali Jahe sendiri, bisa kita jumpai sekitar 100 meter sebelum kita mencapai coban jahenya, di sini kita akan melihat sederatan makam pahlawan lengkap dengan monumenya, pahlawan yang di makamkan di sinipun cukup banyak, sekitar 70-an pahlawan.
Berjarak sekitar 25 km dari kota Malang dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dengan mengambil arah ke Kota Tumpang.  Sesampainya di Pintu Gerbang Tumpang di pertigaan belok ke kiri menuju Desa Pandansari Lor, Dusun Begawan, di sini pun kalau kita lupa jalan, sudah tersedia papan penunjuk jalan, dengan bertulisakan Coban jahe - 7 km.
Jalan menuju coban jahe sudah termasuk memadai, jalan dengan aspal yang sudah di aspal Hotmix tentu menambah kenyamanan, meskipun pada beberapa ratus meter dari coban ini, jalanan masih berbatu dan belum di aspal, tapi ini akan menambah sensasi berpetualangan kita.
Kawasan coban ini, sering di buat untuk kegiatan perkemahan para pelajar, selain itu juga sering di adakan orkes-orkes dangdut untuk hiburan di waktu-waktu tertentu.
Perkembangan coban ini cukup pesat, hanya beberapa tahun silam coban ini terkesan angker, tetapi sekrang wooww sudah di bangun dengan demikian cantiknya, ada taman, gubuk-gubuk perstirahanan tempat flying fox dan rencananya pun akan di tambah dengan fasilitas rafting, menyenangkan bukan?
dengan tiket yang hanya Rp 2000 perorang dan itupun hanya pada hari libur saja tikat berlaku, bagaimana dengan hari biasa??? Gratis, mangkanya coba kesini, di jamin rasa penat dari kesibukan sehari-hari akan terlepas begitu memandang segarnya air coban Jahe.
Wisata Coban Jahe - Jabung Wisata Coban Jahe - Jabung Reviewed by Ali Rodiansyah on 00.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.