Wisata Candi Jago - Tumpang





Candi Jago berasal dari kata "Jajaghu", didirikan pada masa Kerajaan Singhasari pada abad ke-13. Berlokasi di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, atau sekitar 22 km dari Kota Malang, pada koordinat 8°0′20,81″LU dan 112°45′50,82″BT.
Candi ini cukup unik, karena bagian atasnya hanya tersisa sebagian dan menurut cerita setempat karena tersambar petir. Relief-relief Kunjarakarna dan Pancatantra dapat ditemui di candi ini. Sengan keseluruhan bangunan candi ini tersusun atas bahan batu andesit.
Pada candi inilah Adityawarman kemudian menempatkan Arca Manjusri seperti yang disebut pada Prasasti Manjusri. Sekarang Arca ini tersimpan di Museum Nasional dengan nomor inventaris D. 214.

Arsitektur Candi Jago disusun seperti teras punden berundak. Keseluruhannya memiliki panjang 23,71 m, lebar 14 m, dan tinggi 9,97 m. Bangunan Candi Jago nampak sudah tidak utuh lagi; yang tertinggal pada Candi Jago hanyalah bagian kaki dan sebagian kecil badan candi. Badan candi disangga oleh tiga buah teras. Bagian depan teras menjorok dan badan candi terletak di bagian teras ke tiga. Atap dan sebagian badan candi telah terbuka. Secara pasti bentuk atap belum diketahui, namun ada dugaan bahwa bentuk atap Candi Jago menyerupai Meru atau Pagoda.
Pada dinding luar kaki candi dipahatkan relief-relief cerita Kresnayana, Parthayana, Arjunawiwaha, Kunjarakharna, Anglingdharma, serta cerita fabel. Untuk mengikuti urutan cerita relief Candi Jago kita berjalan mengelilingi candi searah putaran jarum jam (pradaksiana).

Pemandangan di candi sangat indah, sekarang sudah di kelola dangan baik, disekeliling terdapat taman taman pemandangan hijau, masuknya pun gratis tidak di pungut biaya
Akses menuju candi ini sanggat mudah, hanya tinggal jalan kaki sekitar 100 meter dari jalan utama, dan ada angkot dari jurusan Malang kota menuju daerah ini, bagi pengemar wisata budaya maupun arkeologi tempat ini sangat menyenangkan, ada candi lain di darah tumpang ini, yaitu candi Kidal.

Bila berkunjung ke candi ini, kamu bisa juga berkunjung dengan wahana wisata lainya, karena jalur jalanya sejalan dengan obyek wisata ini, yaitu Coban Jahe – Candi Jago – Candi Kidal – Coban Pelangi – Bromo.
Wisata Candi Jago - Tumpang Wisata Candi Jago - Tumpang Reviewed by Ali Rodiansyah on 18.01 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.