Wisata Coban Pelangi - Poncokusumo


Wisata air terjun Coban Pelangi merupakan wisata yang berada di kawasan Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Tumpang , Kabupaten Malang. Tepatnya berjarak sekitar 10 km dari kota Tumpang atau sekitar ± 32 km sebelah timur kota Malang. Wisata ini sangat menarik. Dinamakan Coban Pelangi karena air terjun ini sanggat tinggi sehingga limpasan airnya sering membiaskan warna pelangi. Obyek wisata ini merupakan salah satu wanawisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, dan dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semeru. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 19 – 23 derajat Celcius.
Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke air terjun Coban Pelangi adalah di pagi hari. Saat pagi, kabut yang lembut sering muncul di sekitar coban setelah lewat dari tengah hari. Segarnya embun pagi hari juga sangat sejuk dan sayang untuk dilewatkan. Harga tiket masuk obyek wisata ini adalah Rp 5.000 per orang dan tiket parkir Rp 2.000 (untuk roda dua) dan Rp 4.000 (untuk roda empat).
Untuk mencapai obyek ini, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak kira-kira 500 m dengan jalan yang berliku-liku dan bertebing, di samping kanan kiri anda akan melihat pemandangan sungai di bawah dan hutan hijau, pasti di jamin rasa lelah berjalan kaki tidak akan terasa, di tengan perjalanan anda akan menyebrangi jembatan bambu yang unik banget.

Suasana di sekitar coban ini cukup sejuk. Suhu udara yang dingin disertai suara guyuran air yang jatuh dari ketinggian 110 meter ini akan membuat pengunjung merasa fresh. Yang menarik dan sangat mengesankan adalah ketika ada bias-bias warna pelangi yang timbul dari air terjun ini. Warna pelangi yang indah akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.
Untuk menuju Coban Pelangi, arahkan perjalanan Anda menuju Tumpang, dilanjutkan menuju Desa Gubugklakah. Air terjun ini berada sebelum masuk pertigaan Jemplang (yaitu pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo). Setelah melewati Desa Gubugklakah, di sebelah kanan jalan akan terlihat jelas gapura bertuliskan air terjun Coban Pelangi.
Untuk mengunjugi wanawisata ini, aksesbilitasnya sangat terjangkau, tersedia angkutan umum, dan kondisi jalan yang sangat baik. yang istimewa dari wanawisata ini adalah ketika berkenjung, pada perjalananya maka anda akan di suguhi dengan pemandangan kebun-kebun apel yang menghijau.
tersedia pula area camping di dalam coban pelangi, dan penginapan di desa gubuk klakah untuk yang mau bermalam di sekitar coban ini.
Sebelum mengunjugi wanawisata ini, anda sebelumnya dapat mengunjungi Coban Jahe – Candi Jago – Candi Kidal  dan di lanjutkan ke TN Bromo.



Fenomea Geologi di Coban Pelangi

Wisata Coban Pelangi - Poncokusumo Wisata Coban Pelangi - Poncokusumo Reviewed by Ali Rodiansyah on 19.06 Rating: 5

1 komentar:

  1. Klinik Rawat Inap Wajak Husada
    Fasilitas :
    - UGD 24 jam
    - Persalinan 24 jam
    - Rawat inap
    - Rawat jalan
    - Laboratorium
    - ECG atau rekam jantung
    - Khitan gratis untuk anak yatim
    Alamat : Jl. Panglima Sudirman No. 220, RT 2, RW 4, Desa Wajak, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang
    Telp : 0341 - 9334347.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.